Selasa, 17 Maret 2009

KONTRIBUSI PENDIDIKAN NON FORMAL DALAM MENANGGULANGI GELANDANGAN DI PANTI KARYA SOSIAL LEMPASING KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2008

Oleh: Drs. Riyanto, MT.
Lembaga Penelitian
Dibuat: 2009-03-17 , dengan 1 file(s).
Keywords: GELANDANGAN, PANTI KARYA SOSIAL, LEMPASING, PENDIDIKAN NON FORMAL
Subject: PENDIDIKAN
Call Number: 370 Riy k C.1

ABSTRAK

Gelandangan merupakan masalah yang tidak habis-habisnya, karena berkaitan satu sama lain dengan aspek-aspek kehidupan. Usaha-usaha menanggulangi
gelandangan telah banyak dilakukan baik oleh pemerintah maupun lembaga swasta. Salah satu upaya Pendidikan Non Formal dalam menanggulangi
gelandanganadalah meningkatkan hakat dan taraf hidup gelandangan dengan pendekatan edukatif dan persuasif. Mereka dibelajarkan ke arah perubahan sikap mental. Dibelajarkan dari tidak tahu masa depan ke keadaan tahu masa depan, dari
kurang terampil menjadi terampil, dari bersikap mental menyerah kepada nasib menjadi bersikap mental pembaharuan dan pembangunan. Upaya-upaya seperti tersebut telah dilakukan di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung, namun hasilnya
tidak seperti yang diharapkan. Tidak semua gelandangan setelah mendapat pelayanan atau dibelajarkan memiliki sikap mental seperti yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Pendidikan Non Formal dalam mengubah sikap mental gelandangan di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan perhitungan-perhitungan statistik. Sebagai populasinya adalah seluruh gelandangan yang ditampung di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung. Sampelnya berjumlah 30 orang, penarikan sampel dengan
teknik porpusif Sedangkan untuk mengumpulkan data dipergunakan metode wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, dibantu observasi dan
pencatatan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linear multipel,pengujian taraf signifikansi 95% atau alpha 0,05. Dan hasil analisis diperoleh informasi bahwa secara umum Pendidikan Non Formal memberikan kontribusiyang berarti dalam mengubah sikap mental gelandangan di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung. Secara khusus diperoleh :
1. Relevansi program belajar dengan kebutuhan, pelaksanaan kegiatan belajar
dan tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi berarti terhadap usaha mengubah sikap mental
gelandangan di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung. Kontribusi tersebut besarnya 28%. Ini berarti bahwa 28% variasi yang terjadi pada perubahan sikap mental gelandangan berkaitan erat dengan relevansi program belajar
dengan kebutuhan, pelaksanaan kegiatan belajar dan tujuan yang ingin dicapai
melalui kegiatan belajar yang ada di Panti Karya Sosial Provinsi Lampung.
2. Relevansi program belajar dengan kebutuhan memberikan kontribusi yang
berarti terhadap usaha mengubah sikap mental gelandangan di Panti Karya
Sosial Provinsi Lampung. Kontribusi tersebut besarnya 15,9%. Ini berarti
15,9% variasi perubahan sikap mental gelandangan berkaitan erat dengan
relevansi program belajar dengan kebutuhan warga belajar yang ada di Panti
Karya Sosial Provinsi Lampung.
3. Proses pelaksanaan kegiatan belajar memberikan kontribusi yang berarti
terhadap usaha mengubah sikap mental gelandangan di Panti Karya Sosial
Provinsi Lampung. Kontribusi tersebut besarnya 10,24%. Ini berarti 10,24%
variasi perubahan sikap mental gelandangan berkaitan erat dengan
pelaksanaan kegiatan belajar yang ada di Panti Karya Sosial Provinsi
Lampung.
4. Tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan belajar tidak memberikan
kontribusi yang berarti terhadap usaha mengubah sikap mental gelandangan di
Panti Karya Sosial Provinsi Lampung.

Hubungi kami:

DL Name: Lampung University Library

PublisherID: LAPTUNILAPP

Organization: Lampung University

Contact: Perpustakaan Universitas Lampung

Address: Jl.Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1

City: Bandar Lampung

Region: Lampung

Country: Indonesia

Phone: 62-721-706352

Fax: 62-721-706351

Admin Email: dedi[at]unila.ac.id

CKO Email: library[at]unila.ac.id

Sumber : http://digilib.unila.ac.id/go.php?id=laptunilapp-gdl-res-2009-drsriyanto-1430